"SIMASKOT" Sistem Pertanian Berbasis Masyarakat Perkotaan

Laporan BT2

Setelah kegiatan pembelajaran di kampus berakhir dan RPP telah selesai di seminarkan, kemudian seluruh peserta diklat wajib mengimplementasikan seluruh rancangan proyek perubahan di tempat kerja masing-masing. Untuk itu sebelum pelaksanaan proyek perubahan dilakukan terlebih dahulu dilakukan konsultasi bersama Mentor yang dilaksanakan pada 23 Oktober 2017 bertempat di BBP Liang Anggan Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 23/10/ 2017
Gambar 1. Konsultasi dan arahan Mentor

Dalam kegiatan ini dibahas beberapa hal terkait dengan pelaksanaan proyek perubahan diantaranya adalah :
    - Pelaksanaan proyek perubahan sebagaimana yang terbuat dalam Rancangan Proyek Perubahan (Project Charter) “Pelayanan Informasi Penyuluhan Berbasis Website”, harus segera dilaksanakan sesuai dengan pentahapan yang telah dibuat; - Pelaksanaan proyek perubahan harus dapat berjalan seiring dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Kasubbag Tata Usaha UPT BPP Liang Anggang Kota Banjarbaru; - Terkait kegiatan pelaksanaan proyek perubahan Mentor sangat mendukung sepenuhnya dan menjadi inovasi yang sangat diperlukan dalam upaya untuk mengoptimalkan tugas dan fungsinya Sub Bagian Tata Usaha UPT BPP Liang Anggang Kota Banjarbaru; - Penyusunan dan Penetapan Tim Kerja (Pokja) pelaksana proyek perubahan; - Meksanakan rapat tim pelaksanaan dan pembagian tugas tim proyek perubahan; - Dan langkah-langkah yang diperlukan terkait dengan Implemntasi Proyek Perubahan (IPP).
Berdasarkan hasil konsultasi denga Mentor, diperoleh point-point penting bahwa pelaksanaan proyek perubahan harus saling mendukung dengan kegiatan kedinasan, dan hal yang terpenting lainnya adalah untuk segera melakukan segala kegiatan yang terkait dengan persiapan dan pelaksanaan proyek perubahan.
Setelah melakukan kosultasi dan pembuatan SK Tim Pokja kemudian kemudian langkah berikutnya adalah melaksanakan rapat kerja dan koordinasi dengan stakeholder internal dan eksternal proyek perubahan terkait dengan implementasi rancangan yang telah diseminarkan.

Sumber : Tim Pokja Web.LA 25/10/2017
Gambar 2. Rapat Koordinasi dan pemaparan RPP bersama stakeholder eksternal dan internal

Dihadapan para peserta rapat yang dilaksanakan pada 25 Oktober 2017 bertempat di BBP Liang Anggan Kota Banjarbaru, telah dipresentasikan rancangan proyek perubahan, sebagai bagian dari strategi komunikasi agar seluruh pihak dapat dan turut dalam pelaksanaan proyek perubahan, terutama kepada Kepala Bidang Penyuluhan dan para penyuluh yang terdiri dari banyak orang sehingga ada diantaranya dapat memahami langsung etapi sebagian juga memerlukan tambahan penjelasan terkait dengan inovasi yang dilakukan.
Setelah melakukan kosultasi dan menerima arahan dari Mentor langkah selanjutnya adalah penyusunan anggota tim pokja agar seluruh rangkaian kegiatan proyek perubahan dapat terorganisir dan dijalankan dengan baik, untuk keperluan sebut perlunya penetapan tim pokja sebagai sebagai tim pelaksana kegiatan proyek perubahan. Yang telah dilaporkan ditandatangnai pada 26 Oktober 2017 bertempat di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 26/10/2017
Gambar 3. Penyusunan dan penetapan SK. Tim Kerja (Pokja) Oleh Kepala Dinas

Diharapkan dengan adanya SK. Kepala Dinas tentang Tim Pokja tersebut, seluruh keanggotaan dalam yang termuat dalam tim tersebut dapat melaksanakan tugas tugas kediklatan yang berbarengan dengan tugas kedinasan secara bersama-sama.
Perancangan dan penyusunan banner proyek perubahan diperlukan untuk menyampaikan informasi terkait dengan inovasi proyek perubahan yang harus dilaksanakan, pembuatan banner dilakukan oleh Project Leader yang juga dibantu oleh tim pokja terutama terkait dengan desain dari banner tersebut yang harus menarik, yang dilaksanakan pada 30 Oktober 2017, setelain pembuatan desaint banner, kemudian disampaikan kepada Mentor untuk dikoreksi.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 30/10/2017
Gambar 4. Penyusunan dan pembuatan banner Bersama

Oleh tim pokja penyusunan kata-kata yang termuat dalam banner tersebut disepakati bahwa banner harus mudah dipahami baik dari segi kata-kata maupun gambar yang disajikan.
Pengumpulan data dan bahan sangat dipelukan untuk dimuat dalam web yang akan dibuat, pengumpulan data dengan melibatkan seleuruh tim pokja sehingga kegiatan ini dapat lebih cepat dilaksanakan. Kegiata ini dilaksankan pada 31 Oktober 2017 di BBP Liang Anggan Kota Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 30/10/2017
Gambar 5. Pengumpulan Data Dan Bahan

Data dan bahan yang dikumpulkan terutama terkait dengan materi yang akan disajikan dalam web tersebut yang berhubungan dengan pertanian, perikanan, peternakan dan beberapa data atau materi lainnya yang dianggap mendukung dari proyek perubahan yang dilaksanakan.
Setelah data dan bahan terkumpul kemudian data tersebut dipilah dan dikelompokan sesuai dengan masing-masing sektor yang telah ditetapan, kemudian data diedit dan diverifikasi apakah data tersebut telah sesuai dengan kebenaranya atau perlu perbaikan lebih lanjut, kegiatan ini dilaksanakan pada 3 Nopember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 03/11/2017
Gambar 6. Editeng dan Verifikasi Data dan Bahan

Untuk editing di bantu oleh tim pokja sementara untuk verifikasi data langsung dilakukan oleh Project Leader, mengingat pekerjaan ini cukup sulit dan perlu kehati-hatian, sehingga data yang nantinya akan ditampilkan pada web benra-benar dapat dipertanggung jawabkan.
Setelah pengumpu data dan bahan kemudian langkah selanjutnya adalah pembuatan web yang menjadi inovasi proyek perubahan dari pelayanan informasi penyuluhan berbasis aplikasi web, untuk keperluan tersebut dilakukan konsultasi bersama tenaga ahli yang memiliki kemampuan di bidang IT terutama pada spesifikasi pembuatan web, yang dilaksanakan pada 6 Nopember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 06/11/2017
Gambar 7. Konsultasi Dengan Programer

Setelah pengumpu data dan bahan kemudian langkah selanjutnya adalah pembuatan web yang menjadi inovasi proyek perubahan dari pelayanan informasi penyuluhan berbasis aplikasi web, untuk keperluan tersebut dilakukan konsultasi bersama tenaga ahli yang memiliki kemampuan di bidang IT terutama pada spesifikasi pembuatan web, yang dilaksanakan pada 6 Nopember 2017.
Setelah melakukan konsultasi bersama programer, langkah berikutnya adalah pembuatan web tersebut, untuk kegiatan ini sepenuhnya dilakukan oleh programer yang memang memiliki keahlian di bidang tersebut dan tentunya telah berpengalaman dalam pembuatan web, kegiatan ini dilaksanakan pada 7 Nopember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 07/11/2017
Gambar 8. Membuat Web BPP LA. Kota Banjarbaru


Sementara itu Project Leader melakukan pemantauan terhadap web yang dibuat, pembuatan web ini sendiri memerlukan beberapa waktu megingat web yang dibuat cukup rumit. Berdasarkan keterangan programer web yang dibuat berbasis blogspot.co.id, ada beberapa kelebihan dari pender tersebut anatara lain.
    - Blogspot dimiliki oleh Google, jadi terintegrasi dengan mudah ke Google Analytics, Picasaweb dan Feed Burner;
    - Gratis, tidak memerlukan pembayaran dan tidak dibutuhkan domain, hosting atau hal semacamnya;
    - Lebih mudah. Ini sudah pasti, sudah sekian lama ada banyak diskusi tentang platform blogging mana yang lebih mudah digunakan. Semuanya mengatakan kalau Blogspot lebih mudah dibanding WordPress;
    - Google, nama paling terkenal di dunia internet. Google menjadi mesin pencari terbaik di internet. Ketika Google beriringan dengan Blogspot, tentu ini menjadi nilai yang besar bagi Blogspot;
    - Wizard yang mudah digunakan. Kita bisa mulai menjalankan blog dalam waktu kurang dari 5 menit;
    - Software dengan tabs dan tombol yang mudah dinavigasi;

Karena beberapa alasan tersebut di atas, maka pilihan jatuh pada penggunaan Blogspot, selain itu pula menurut programer pertahanan yang dimiliki oleh Blogspot sangat kuat dibanging jika kita menyewa hopsting sendiri yang biasanya diretas orang yang tidak bertanggung jawab. Berdasarkan data pembuatan maka alamat dari website BPP Liang Anggang adalah : https://bppladkp3banjarbaru.blogspot.co.id/. Berikut ini disajikan tampilan awal saat pembuatan web
Dari gambar di atas dapat dilihat tampilan web tersebut masih sangat sederhana untuk itu diperlukan penataan dari desaint web tersebut agar dapat diguankan dengan baik oleh pengunjung web, sehingga mampu memberikan hasil yang lebih optimal.
Setelah pembuatan web dapat diselesaikan oleh programer, langkah berikutnya adalah mendesain web tersebut, karena pada tahap pembuatan web, bentuk web masih sangat sederhana sehingga diperlukan desain agar web terlihat lebih baik. Kegiata ini dilaksanakan pada 8 Nopember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 08/11/2017
Gambar 9. Rancang Bangun dan Desaint Web BPP LA. Kota Banjarbaru

Dalam rangcang bangun web tersebut, dilakukan oleh programer, selain itu pula kegiatan ini merupakan rangkaian lebih lanjut dari pembuatan web, menurut penjelasan programer bahwa pendesainan web ini jauh lebih rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama, karena banyak hal yang harus di atur kembali. Setelah melakukan rangcang bangun web tersebut diperoleh hasi seperti gambar berikut.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 08/11/2017
Gambar 10. Hasil Desaint Web Oleh Programer
Setelah pembuatan dan rancangan bangun web dapat diselesaikan oleh programer, dengan hasil web BPP LA. Yang siap untuk digunakan, maka langkah berikutnya adalah mengisikan data ke dalam sistem tersebut, pengisian ini salah satu kegiatan yang terpenting dalam pelaksanaan proyek perubahan, yang dilaksanakan pada 9 Nopember 2017.
Gambar 11.Mengisi Web BPP LA. Kota Banjarbaru Dengan Data, Informasi Dan Gambar

Data yang diisikan dalam web merupakan data yang telah dikumpulkan pada kegiatan terdahulu, terutama pengisian data dasar seperti profil dan kondisi masyarakat pada wilayah Kecamatan Liang Anggang pada khususnya dan beberapa data lainnya yang perlu dipublikasikan.
Berikut ini disajikan hasil dari mengisi web BPP LA. Kota Banjarbaru dengan data, informasi dan gambar yang telah diupload, sebagaimana data yang telah dikumpulkan dan telah melewati verifikasi dan pengeditan.
.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 09/11/2017
Gambar 12. Tampilan Web BPP LA. Kota Banjarbaru Yang Telah Diisi Dengan Data, Informasi Dan Gambar

Kegiatan ini dilakukan oleh tim pokja sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh programer.
Selain melakukan survei lapangan dan pemantauan kondisi pertanian masyarakat, kegiatan serupa juga dilakukan dengan pelaku agribisnis melalui kegiatan supervisi, yang dilaksanakan pada 16 Nopember 2017, diharapkan dengan kegiatan ini akan didapat masukan terkait dengan proyek perubahan yang dilaksanakan.
Dalam kegiatan supervisi ini melibatkan beberapa pelaku agribisnis yang ada di kawasan Liang Anggang, hal menarik dari kegiatan ini adalah para pelaku agribisnis umumnya mengeluhkan akan hasil panen petani yang masih kurang untuk pemenuhan pasar baik untuk Banjarbaru sendiri ataupun yang dibawa ke daerah sekitar seperti Banjarmasin dan Martapura.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 09/11/2017
Gambar 13. Supervisi Bersama Pelaku Agribisnis

Untuk itu diharapkan melalui inovasi terhadap penyediaan media informasi ini akan dapat menjembatani segala informasi baik yang diperlukan petani terkait dengan usaha pertaniannya, penyuluh terutama kegiatan materi penyuluhan maupun informasi ketersediaan hasil pertanian dan harga yang diperlukan oleh pelaku bisnis.
Setelah web dapat diselesaikan dan pengisian data telah mulai dilakukan maka langka selanjutnya adalah pembuatan SOP, pembuatan SOP diperlukan untuk memberikan petunjuk kerja bagi tim pokja atau admin yang ditugaskan untuk mengelola web. Keberadaan SOP (Standard Operating Procedure) sangat penting bagi operasional pengelolaan web. Dengan SOP kita bisa mengantisipasi berbagai situasi yang mungkin terjadi dalam pengelolaan web.
Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Oktober 2017 bertempat di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru.

Sumber : Tim Pokja Web.LA 20/11/2017
Gambar 13. Pembuatan SOP Pengelolaan Web

Dengan adanya SOP maka tim pokja mengetahui lingkup pekerjaannya. Dengan kejelasan ruang lingkup ini, maka job description akan jelas sehingga tidak tumpang tindih. Dengan demikian maka kinerja staf pengelola web akan dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dimana mampu menyediakan data dan informasi yang diperlukan penyuluh, petani, pelaku agribisnis dan masyarakat umum lainnya.
Sesuai dengan pentahapan yang telah dibuat langkah berikutnya adalah melakukan survei lapangan dan pemantauan kondisi pertanian masyarakat, sehinga diketahui bagaimana kondisi pertanian, peternakan dan perikanan yang ada dilapangan, selain itu pada keigatan ini juga dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemanfaatan web yang telah dibuat dan difublikasikan, yang dilaksanakan pada 21 Nopember 2017 bertempat di wilayah kerja BPP Liang Anggang Kota Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 20/11/2017
Gambar 14. Survei Lapangan dan Pemantauan Kondisi Pertanian Milik Masyarakat

Kegiatan ini tentunya melibatkan masyarakat terutama para petani, dengan kegiatan ini diharapkan akan menjadi masukan dalam perbaikan dan penyempurnaan pengelolaan web berikutnya, selain itu pula sebagai catatan yang harus diperhatikan dalam melaksanakan tujuan jangka menengah dan jangka panjang. Selain itu pula dari kegiatan ini diharapkan dapat diketahui sejauh mana potensi pertanian yang ada di lapangan, apakah masih sesuai dengan data-data yang ada, untuk itu akan dilakukan perbaikan seperlunya.
setelah melakukan kegiatan survei lapangan dan pemantauan kondisi pertanian masyarakat dan supervisi bersama pelaku agribisnis, selain melakukan kegiatan tersebut juga diperoleh beberapa data baru yang telah diolah dan dapat segera dimasukan kedalam web, kegiatan ini dilaksanakan pada 22 Nopember 2017 bertempat di BBP Liang Anggan Kota Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 22/11/2017
Gambar 15. Mengupload Data dan Gambar

Diharapkan kegiatan ini dapat mampu memberikan informasi yang lebih kekinian selain itu kegiatan upload data dan gambar akan selalu dilakukan untuk perbaharuan data pada web yang telah dibuat, sehingga informasinya lebih terbarukan. Berdasarkan hasil peguploadan data telah berhasil dimasukan item data sebanyak 27 buah data dinamis dan 430 buah data statis.
Data dinamsis adalah data yang akan selalu mengalami pembaharuan sehingga bila admin menambah data baru akan terus berubah sesuai urutan penginputan data, sementara data statis adalah data yang sifatnya tetap, seperti data materi penyuluhan. Berikut ini dapat disajikan bentuk data dinamis dan statis sebagai berikut.

Sumber : Tim Pokja Web.LA 22/11/2017
Gambar 16. Halaman Utama Data Dinamis

Sumber : Tim Pokja Web.LA 22/11/2017
Gambar 17. Halaman Utama Data Statis

Jumlah data tersebut akan mengalami perubahan seiring data yang didapat dari berbagai sumber, terutama untuk keperluan jangka menengah dengan tujuan “Terbarukannya informasi penyuluhan Web-BPP LA. Kota Banjarbaru melalui upgrade data dan gambar sesuai dengan perkembangan yang terjadi” sementara untuk jangka panjang diharapkan mampu mencapai “Terbangunnya sebuah Web BPP LA. Kota Banjarbaru yang dapat menjadi sarana atau media alternatif untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi BPP Liang Anggang Kota Banjarbaru dalam mewadahi dan memfasilitasi keberadaan Penyuluh dan dalam memfublikasikan hasil-hasil pertanian sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan pelaku agribisnis” untuk itu akan terus diupayakan perbaharuan dan penyempunaan web tersebut.
Setelah semua rangkaian kegiatan proyek perubahan dilaksanakan dengan baik, dan kini web site BPP Liang Anggang Kota Banjarbaru sudah dapat dibuka melalui alamat : https://bppladkp3banjarbaru.blogspot.co.id/, langkah berikutnya adalah melakukan sosialisasi. Kegiatan sesialisasi ini sendiri dilakukan dalam berbagai bentuk sesuai dengan kondisi dan tempat dilaksanakan, seperti yang berikut ini dilakukan sosialiasi bersama Kepala DKP3 beserta seluruh jajaran yang dilaksanakan pada 23 Nopember 2017 yang bertempat di BBP Liang Anggan Kota Banjarbaru.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 23/11/2017
Gambar 17. Sosialisasi Website Kepada Pihak Terkait

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir dalam jangka pendek, diharapkan dengan kegiatan ini website BPP LA dapat lebih dikernal orang dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sosialisasi dan Dukungan Para PIhak Terhadap Proyek Prubahan
Setelah melakukan serangkaian kegiatan baik kegiatan pendahuluan maupun pelaksanaan kegiatan utama yang telah berhasil dilakukan dengan baik, kini langkah beriutnya sesuai dengan RPP yang teah disusun adalah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan inovasi tersebut untuk mengetahui capaian kinerja proyek perubahan yang telah dilaksanakan selama ditempat kerja. Kegiatan evaluasi bersama Mentor dilaksanakan pada 4 Desember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 04/12/2017
Gambar 18. Evaluasi Proyek Perubahan Bersama Mentor

Kegiatan evaluasi pelaksanaan proyek perubahan dilakuka bersama Mentor, dari hasil evaluasi tersebut diperlukan perbaikan pada beberapa hal yang belum lengkap maka akan dilakukan perbaikan sesuai yang diarahkan oleh Mentor.
Dari evauasi tersebuat langkah selanjutnya adalah penyusunan dan finalisasi laporan proyek perubahan, sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan kediklatan selama off campus yang dilaksankana ditempat kerja. Kegiatan penyusunan dan finalisasi laporan proyek perubahan dilaksanakan pada 5 Desember 2017.
Sumber : Tim Pokja Web.LA 04/12/2017
Gambar 19. Penyusunan dan Finalisasi Laporan Proyek Perubahan

Kegiatan evaluasi pelaksanaan proyek perubahan dilakuka bersama Mentor, dari hasil evaluasi tersebut diperlukan perbaikan pada beberapa hal yang belum lengkap maka akan dilakukan perbaikan sesuai yang diarahkan oleh Mentor.

0 komentar:

Posting Komentar

e-skm
https://goo.gl/forms/efx5MTyVdEUHW4873
e-aduan e-bantu
https://goo.gl/forms/d2ryn2Ecr9e4AQJg1

SIMASKOT

BPP LA Dalam VIDEO

Info BPP LA 2018